fbpx

Strategi Jitu Atasi Job Burnout pada Karyawan

Pernahkah kamu merasa burnout karena urusan kerjaan??

Job Burnout merupakan gangguan kelelahan yang berlebihan dialami oleh karyawan di tempat kerja. Berdasarkan studi dari McKinsey, Tingkat burnout mengalami peningkatan secara terus menerus. Padahal sebenarnya saat ini banyak perusahaan yang sudah berkomitmen untuk support dan menjadikan mental health sebagai prioritas yang utama.

Sebagai bentuk antisipasi kamu juga harus ketahui hal yang penting bagi individu dalam menangani burnout yaitu mempelajari keterampilan ketahanan yang berbeda, strategi coping yang berbeda kemudian ada pendekatan individu yang mendukung. Nah, sebenarnya burnout itu bukan sepenuhnya karena masalah individu semata, melainkan juga ada peran dari lingkungan kerja. 

Dalam lingkungan kerja yang toxic contohnya seperti ada hal yang membuat karyawan merasa tidak dihargai dan tidak aman. Selanjutnya studi tentang burnout ini juga menemukan hasil bahwa 1 dari 4 karyawan merasakan tingginya perlakuan toxic di tempat kerjanya. Mereka 8 kali lebih berisiko untuk mengalami burnout.

Bahkan secara tindakan 6 kali berisiko ingin resign dalam beberapa waktu kedepan. Salah satu faktor terbesar karyawan resign adalah budaya kerja bukan karena gajinya. Ini dia beberapa strategi jitu menangani Job Burnout pada karyawan.

1. Menanamkan Perilaku Positif dan Suportif

Sebagai seorang bos perusahaan strategi yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi Job Burnout adalah menanamkan perilaku yang positif dan suportif di lingkungan tempat kerja. Dengan aura yang positif akan membuat tempat kerja memiliki suasana yang lebih menyenangkan. Selain itu, lingkungan kerja yang suportif bisa membuat individu yang mengalami suatu kendala atau hambatan mengenai pekerjaan akan merasa didukung penuh baik oleh rekan maupun bosnya di tempat kerja.

2. Merubah Fokus untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman secara Psikologis

Strategi jitu yang kedua kamu bisa mengubah fokus untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang aman secara psikologis. Kamu bisa membuat peraturan yang jelas dan berpihak untuk semua peran di tempat. Kemudian kurangi hal-hal toxic yang bisa memicu rekan kerja mengalami stres yang berlebihan.

3. Memperkuat Kepemimpinan yang Welas Asih

Strategi yang berikutnya yaitu memperkuat kepemimpinan yang welas asih kepada semua orang. Sebagai pemimpin kamu tidak boleh membeda-bedakan sikap dan perlakuan kepada rekan kerja. Kemudian kamu juga bisa membimbing rekan kerja yang belum memiliki pengalaman. Dengan berbagi ilmu kamu akan dianggap sebagai pemimpin yang bersifat welas asih.

4. Menjalin Komunikasi yang Baik dan Memberikan Apresiasi

Strategi atasi Job Burnout selanjutnya adalah menjalin komunikasi yang baik di tempat kerja. Komunikasi yang sehat akan membuat workflow dalam bekerja lebih nyaman untuk semua pihak. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan apresiasi untuk setiap pencapaian yang menguntungkan bagi perusahaan. Dengan memberikan apresiasi akan memberikan kesan yang baik untuk semua karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

6. Menurunkan Stigma tentang Mental Health 

Strategi yang terakhir kamu bisa menurunkan stigma mengenai mental health di lingkungan kerja. Hal yang satu ini sangat penting, karena data menunjukkan bahwa 37% karyawan menghindari konsumsi obat agar rekannya tidak mengetahui kondisi mental mereka yang sebenarnya. Dengan begitu kamu bisa memberikan support melalui program yang menyadarkan karyawan akan pentingnya kesehatan mental untuk kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

Demikian strategi jitu atasi Job Burnout.  Kamu masih butuh info bermanfaat lainnya cek aja https://welasasihconsulting.id/.

Kalau kamu ingin berkonsultasi mengenai mental health issue bisa ke Welas Asih Consulting dengan hubungi nomor berikut ini https://wa.me/6281229195390 ya.

Sumber Referensi:

  1. Brassey Jacqueline. 2022, May 27.Addressing employee burnout: Are you solving the right problem?. McKinsey.  https://www.mckinsey.com/mhi/our-insights/addressing-employee-burnout-are-you-solving-the-right-problem
  2. Smet, Aaron. 2022, July 13. The Great Attrition is making hiring harder. Are you searching the right talent pools?. McKinsey. Dehttps://www.mckinsey.com/capabilities/people-and-organizational-performance/our-insights/the-great-attrition-is-making-hiring-harder-are-you-searching-the-right-talent-pools

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *