3 Tantangan dalam Pekerjaan dan Gimana Cara Mengatasinya

“Jangan nyerah dulu, ayo kita cari tahu cara mengatasi struggle dalam pekerjaan sesuai tipe-tipenya di bawah ini.”

Tantangan dalam pekerjaan mungkin membuat kamu rentan terkena burnout. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kita memahami langkah efektif untuk menanganinya yang akan dijelaskan secara lengkap berikut ini.

Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan keterampilan yang membantu para profesional untuk mengelola tanggung jawab dengan baik agar tidak kewalahan. Kamu pasti membutuhkan bantuan agar bisa mengatur waktu agar bisa menyelesaikan tugas tepat waktu dan memenuhi tenggat waktu.

Cara mengatasi tantangan pekerjaan ini dengan merenungkan komitmen masa lalu dan melakukan evaluasi terhadap tingkat performa kinerja untuk mempersiapkan tugas yang akan mendatang. Langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi planner yang digunakan untuk melacak tugas yang akan datang dan membuat skala prioritasnya. Kamu bisa memeriksa ulang tugas yang membingungkan atau informasi terkait deadline dengan planner tersebut.

Sebelum kamu mulai mengerjakannya, tentukan batasan waktu terlebih dahulu untuk menghemat waktu pada aktivitas yang sekiranya kurang penting. Kamu juga bisa melakukan analisis tugas secara berkala agar menentukan mana yang bisa memberikan kontribusi pada tujuan kamu mana yang enggak. Jadi, waktu kamu jauh lebih efektif dan efisien deh.

Kecemasan Kerja

Tantangan pekerjaan yang kedua adalah cemas di tempat kerja. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti konflik dengan karyawan lain, deadline waktu yang ketat dan gaji yang kerap kali masih rendah. Beberapa orang mengalami gejala kecemasan fisik seperti muncul keringat berlebihan, susah tidur, kesulitan untuk fokus dan konsentrasi.

Salah satu cara paling mudah mengatasi kecemasan di tempat kerja yakni dengan melakukan latihan pernapasan. Hal ini bisa meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran kamu. Mengambil napas dalam-dalam bisa memberikan kamu cukup waktu agar mempertimbangkan respon terhadap situasi tertentu yang memicu kecemasan, seperti menulis jurnal, berolahraga, mengobrol dengan orang lain, istirahat dari pekerjaan, meditasi dan lain sebagainya.

Konflik

Mungkin ada ketidaksepakatan atau perbedaan pendapat antara sesama rekan kerja. Melakukan integrasi berbagai pendapat dari berbagai sudut pandang dalam proses pengambilan keputusan ini bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi. Ketika tak segera ditangani, konflik antar individu konflik yang terjadi antar individu ini bisa mempengaruhi performa kinerja para karyawan. Bahkan bisa membuat karyawan memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

Sebelum kamu mencoba menyelesaikan tantangan pekerjaan ini, maka lakukan evaluasi dan memhami situasinya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mengedepankan keadilan dan menjauhkan diri dari prasangka. Nah pertimbangkan untuk memilih area yang damai untuk melakukan diskusi masalah apapun dengan semua pihak yang terlibat.

Kamu bisa mendengarkan pendapat mereka secara aktif. Lalu, pertahankan pikiran yang terbuka dan tetap tenang selama percakapan ini sedang berlangsung. Selanjutnya kamu bisa melibatkan pihak ketiga yang netral untuk menjamin keadilan bagi pihak yang tengah berkonflik.

Kamu merasakan salah satu tantangan dalam pekerjaan yang sudah dijelaskan juga?  Nah coba deh terapkan cara mengatasinya ya. Kalau masih ingin tahu info yang lain langsung saja cek https://welasasihconsulting.id/. Nah, Welas Asih Consulting juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin berkonsultasi loh, for more info kamu bisa hubungi Minsih  melalui nomor berikut ini https://wa.me/6281229195390 ya.Sumber: 2021, 5 January. 11 Types of Struggles at Work and How to Overcome Them. Indeed. https://uk.indeed.com/career-advice/career-development/struggle-at-work.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top