Ini Dia Strategi Jitu Membuat Karyawan Sejahtera yang Perlu Kamu Tahu!

“Karyawan juga membutuhkan kesejahteraan untuk menjaga performa kinerja agar tetap maksimal.”

Kesejahteraan pekerja seringkali kurang diperhatikan dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan. Padahal ini hal yang penting, kan? Sesuai dengan data pemilik perusahaan di Amerika Serikat kehilangan 36,4 M per tahun karena karyawannya banyak mengambil cuti kerja dengan sebab kesehatan yang terganggu.

Kebanyakan dari pekerja ini menderita penyakit secara fisik, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kurangnya aktivitas fisik, obesitas dan lain sebagainya. Tak hanya fisik, mereka juga rentan mengalami gangguan kesehatan mental karena tekanan dalam pekerjaan. Kita pelajari terlebih dahulu apa sih pentingnya kesejahteraan karyawan ini? Yuk kepoin bareng-bareng.

Apa Aja Sih Ukuran Kesejahteraan Karyawan?

Ukuran kesejahteraan pekerja ini berdasarkan atas kepuasan hidup dan kepuasan kerja secara umum. Nah dalam ukuran kepuasan kerja bisa kita lihat melalui gaji dan rekan kerjanya. Sementara itu, untuk lima aspek kesejahteraan karyawan antara lain keselamatan kerja, kesehatan mental, nutrisi, aktivitas fisik dan masalah kesehatan fisik secara umum.

Cara Meningkatkan Kesejahteraan di Tempat Kerja

Bagi kamu yang sedang mencari cara untuk meningkatkan kesejahteraan di tempat kerja. Maka, kamu bisa mempertimbangkan tips berikut ini sebagai langkah titik awal yang akan berguna kedepannya. Mempunyai tujuan untuk menciptakan iklim keselamatan secara keseluruhan yang melibatkan dan menginformasikan semua anggota perusahaan tentang kesehatan dan keselamatan kerja. Jadi, tak hanya melakukan intervensi ke manajer dan supervisor saja.

Apabila kamu merupakan seorang pemimpin dalam perusahaan, maka bisa membicarakan tentang asuransi perawatan kesehatan mental para pekerja. Nah tindakan nyata yang bisa kamu lakukan dengan menyediakan kotak buah mingguan yang diberikan gratis juga bisa meningkatkan asupan gizi para pekerja loh.

Tak lupa untuk menyediakan fasilitas di akhir perjalanan, seperti kamar mandi, loker, penyimpanan sepeda agar bisa mendukung dan mendorong staf memakai metode transportasi yang lebih ramah lingkungan untuk menuju ke kantor. Memberikan asuransi melalui akses pemeriksaan kesehatan kerja. Hal itu agar awal masalah kesehatan bisa diidentifikasi lebih awal, merubah pola makan yang positif dan meningkatkan aktivitas fisik serta mengurangi konsumsi rokok dan alkohol.

Ide untuk Menjaga Kesejahteraan Karyawan

Berikut ini beberapa cara cepat dan mudah supaya karyawan di perusahaan memikirkan tentang pentingnya kesejahteraan di tempat kerja. Salah satu penyebab utama menurunnya kesejahteraan pekerja adalah tingkat stres yang tinggi sehingga berpengaruh terhadap kesehatan baik fisik maupun mental.

Nah perilaku apa yang ingin diubah, bisa dimulai dari meningkatkan keamanan dalam berkendara menuju kantor, menjaga pola makan, tingkat aktivitas fisik dan kesehatan umum sering memerlukan perubahan kebiasaan. Hal ini dilakukan agar merevisi pemikiran dan pola perilaku terdahulu yang cenderung negatif. Kemudian memahami stigma buruk terhadap kesehatan mental yang membuat orang terkadang takut untuk speak up dan reach out ketika membutuhkan bantuan.

Strategi jitu yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan karyawan sangat mudah, kan? semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kamu terapkan. Kalau masih ingin tahu info yang lain langsung saja cek https://welasasihconsulting.id/. Nah, Welas Asih Consulting juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin berkonsultasi loh, for more info kamu bisa hubungi Minsih  melalui nomor berikut ini https://wa.me/6281229195390 ya.Sumber: Celestine, Nicole. 2021, 11 November. Wellbeing at Work: 24 Ideas for a Healthier Workplace. Positive Psychology. https://positivepsychology.com/workplace-wellbeing/.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top